Info Penting !! Harus Ekstra Berhati-Hati, Polip Di Usus Bisa Berkembang Jadi Kanker, Ini Penjelasannya (( Bantu Share ))



Keberadaan polip dalam usus besar butuh diwaspadai. Polip adalah gumpalan kecil dari sel-sel yang tumbuh di dinding usus besar. Sekilas, polip dalam usus besar tak mengakibatkan permasalahan serius. Namun, polip ternyata dapat berkembang jadi kanker usus besar. 

 " Polip sangatlah utama untuk diatasi karena dapat beralih jadi ganas dalam waktu 10-15 th.. Bila polip sangatlah banyak dapat 8-10 th. berkembang jadi kanker, " ujar Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif Benny Philippi kampanye edukasi " Teliti Waktu BAB, Mari Deteksi Kanker Usus Besar " di Jakarta, Selasa (15/12/2015). 

Polip yang sudah terdeteksi keberadaannya mesti dibuang lewat cara operasi. Polip dapat terdeteksi dari buang air besar (BAB). Bila BAB berdarah, jadi kemungkinan ada polip di usus. Gejala itu serupa dengan kanker usus besar. 

 " Pengangkatan polip bakal turunkan resiko kanker, " kata Benny. Tetapi, kadang-kadang ada polip juga terlambat di ketahui lantaran tak nampak tanda-tanda. 

Karenanya, menurut Benny butuh dikerjakan skrining secara teratur pada usus besar. Dapat dengan tes darah samar pada feses serta atau dengan memasukan selang kecil ke usus besar. 

Terbentuknya polip dapat dipicu oleh gaya hidup yg tidak sehat. Utamanya yaitu dari pola makan, seperti mengkonsumsi lemak tinggi atau kurang makanan berserat. 

Kanker usus besar adalah kanker yang cukup banyak didapati pada pria ataupun wanita. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker usus besar tempati peringkat ketiga masalah kanker yang banyak didapati di semua dunia. Sayangnya, kerapkali pasien tidak mengerti kehadiran kanker itu sampai akhirnya baru terdeteksi pada stadium lanjut. 
  
Penulis : Dian Maharani 
Editor : Bestari Kumala Dewi
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.