Banyak Benjolan Di Sekujur Tubuh? Waspadai Penyakit Neurofibromatosis!



Apa Neurofibromatosis itu? 

Neurofibromatosis tidaklah penyakit kanker, penyakit ini dapat dimaksud penyakit Von Recklinghausen. Penyakit turunan ini (penyakit genetik) umumnya di turunkan lewat laki-laki, serta umumnya bakal lebih kronis bila diturunkan oleh laki-laki. 

Neurofibromatosis umumnya dikeluhkan lantaran mengganggu tampilan/estetika. Karena tonjolan-benjolan di kulit mudah terlihat dari luar. penyakit ini jadi beresiko bila tonjolan ada di organ badan. Lantaran tonjolan-benjolan itu bisa menghimpit organ itu, umpamanya paru-paru, ginjal, serta lainya. 

Benjolan apa itu? 

Tonjolan yang terlihat di kulit sesungguhnya datang dari saraf. Ini dapat dibuktikan apabila benjolan ini di biopsi serta diperiksa dibawah mikroskop bakal tampak deskripsi beberapa sel yang membuat saraf. Pada orang normal dapat juga berlangsung tonjolan sama, namun umumnya ukurannya lebih kecil serta tak kian lebih lima buah. Bejolan itu umumnya hanya ada di kulit. 

Sedang tonjolan pada kelainan penyakit Neurofibromatosisukurannya beragam macam serta jumlahnya banyak. Tonjolan itu ada di dada, perut, pinggang, punggung, serta di seputar ketiak. Pada perabaan benjolan bisa lunak atau keras serta bisa digerakkan. Terkadang tonjolan itu berbentuk tonjolan-benjolan kecil di seputar saraf pinggir. 

Neurofibromatosis umumnya tak menyebabkan tanda-tanda terkecuali, apabila tonjolan itu ada didalam sisi badan umpamanya di dekat sumsum tulang belakang serta menghimpit organ badan di sekelilingnya. Bahkan juga sebagian masalah benjolan tedapat diantara sendi gerak hingga menyebabkan rasa sakit. 

Tanda-tanda apa yang perlu dikenali? 

– Ada enam atau lebih bintik-bintik coklat pada permukaan kulit. Dengan ukuran diameter kian lebih 5 mm pada anak-anak, serta lebih dari 15 mm pada remaja atau dewasa. 

– Ada banyak tonjolan lunak pada atau dibawah kulit. 

– Bercak di daerah ketiak atau pangkal paha 

– Dua atau lebih perkembangan pada irislah mata 

– Tumor pada saraf optik 

– Perubahan abnormal pada tulang belakang, seperti skoliosis. 

– Orangtua, saudara atau anak dengan neurofibromatosis 

Bagaimanakah mengobatinya? 

Biasanya penyakit ini tak membutuhkan penyembuhan, terkecuali bila kehadiran benjolan itu menyebabkan tanda-tanda lantaran ada organ yang tertekan. Selain itu, bisa pula dikerjakan operasi atas argumen kosmetik. Tetapi, tidak tidak sering tonjolan bakal nampak lagi di ruang badan yang lain. 

Tak diperlukan kemoterapi serta radioterapi lantaran Neurofibromatosis bukanlah penyakit kanker. Penyakit ini yaitu penyakit kelainan genetik, hingga satu diantara langkah penyembuhan yang memberi hasil yang memuaskan yaitu therapy gen, namun terapi gen masih tetap berbentuk eksperimental, mungkin saja juga belum bisa dikerjakan di Indonesia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.