Pesona Pulau Komodo, The Land of Dragon Princess! SANGAT MENAKJUBKAN



Tak ada sunset semenarik di Labuan Bajo. Pulau-pulau kecil berbukit serta perahu yang hilir mudik dengan latar belakang matahari merah bundar yang berpendar jadi panorama alam yang sungguh dramatis. Labuan Bajo, pelabuhan kecil di ujung barat Flores ini, sudah lama digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Komodo. 


Waktu pagi, setiap mentari mulai meninggi, kesibukan Labuan Bajo bergeliat kembali. Pelabuhan kecil ini tidak pernah sepi dari kesibukan wisatawan yang mau menjelajahi eksotika Pulau Komodo. Sesudah ditetapkannya lokasi Indonesia Timur juga sebagai maksud utama pariwisata Indonesia, kehidupan seputar Labuan Bajo semakin bergeliat. 


Dibangunnya beragam infrastruktur serta sarana penunjang wisata bikin kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo makin bertambah dari th. ke th.. Data Taman Nasional Pulau Komodo menunjukkan sampai akhir Oktober 2013 keseluruhan kunjungan ke Pulau Komodo mencapai 53. 739 orang, yang beberapa besar datang dari Australia, Amerika, serta Prancis.

Keindahan Pulau Komodo dipandang dari langit.

Keindahan Pulau Komodo dipandang dari langit.
Untuk hingga ke Pulau Komodo dari dermaga Labuan Bajo menggunakan saat seputar 1, 5 jam perjalanan memakai speed boat. Saat tempuh ini bakal lebih lama bila memakai perahu umum.

Waktu tiba di Pulau Komodo, ranger segera menjelaskan dengan cara umum deskripsi pulau itu. Ada empat type trekking yang dapat diambil wisatawan, yakni adventure, long track, medium track, serta short track. Jacky, salah seseorang ranger Taman Nasional Komodo, mengungkap, “Panjang track adventure itu 8 km, bisa ditempuh sepanjang 4-5 jam. Sedang untuk long track panjangnya 4 km sepanjang 2 jam, medium track 2 km selama 1 jam, serta short track cuma 1 km, tak lebih dari 1/2 jam perjalanan. ”

Saat sebelum petualangan menjelajahi Pulau Komodo diawali, Jacky mewanti-wanti pada beberapa wisatawan perihal tentang yg tidak bisa dikerjakan sepanjang trekking. “Ada ketentuan Taman Nasional Komodo yang perlu dipatuhi, yakni janganlah berpisah dari kelompoknya, satu grup terdiri dari 10 orang. Janganlah buang sampah sembarangan serta bila lihat komodo janganlah coba-coba untuk menyentuhnya. Supaya mempermudah pemandu, rombongan janganlah terpecah. Jalannya yang lambat mohon dipercepat serta yang cepat mohon diperlambat, ” papar Jacky.


Pulau Komodo sudah disadari juga sebagai satu diantara website Warisan Dunia UNESCO.
Pulau Komodo sendiri mempunyai luas kian lebih 3. 000 hektar, sebagai habitat asli untuk 2. 919 komodo. Menurut pembicaraan Jacky, perkembangbiakan komodo stabil dari th. ke th. serta jumlahnya bertambah walau ia tidak tahu angka yang pasti.

Sembari menemani wisatawan menjelajahi Pulau Komodo, Jacky juga menjelaskan cara komodo bertahan hidup cukup unik. Komodo sukai berkamuflase lewat cara berdiam di tanah. Waktu rusa melintas, komodo segera menerkam rusa dibagian kakinya.

“Yang bermain dari gigitan komodo itu bakterinya. Dia mempunyai bakteri yang beracun serta mematikan, ” ucap Jacky.

Uniknya komodo bakal makan berbarengan saat sukses memperoleh daging buruan. Uniknya lagi komodo betina-lah yang umumnya berburu rusa, komodo jantan cuma menanti saja. Saat berburu komodo, menurut Jacky, sekitar jam 6 sampai jam 10 pagi.

“Takaran untuk satu ekor komodo dewasa itu sekitar 50 kg daging, jadi satu pas-nya itu dikonsumsi oleh satu komodo dewasa, namun mereka terus makan berbarengan, ” tutur Jacky memberikan.

Tidak hanya senang lihat perilaku komodo yang menyeramkan, pulau yang sudah disadari juga sebagai website Warisan Dunia UNESCO ini dapat tawarkan pemandangan keindahan alam yang memukau. Sulphurea Hill satu diantaranya. Bukit dengan panorama indah ini namanya di ambil dari nama latin burung kakaktua. Hal itu bukanlah tanpa ada karena. Pasalnya di lokasi perbukitan ini saat sebelum pagi banyak didapati burung kakaktua bertengger.

Tidak hanya itu, Pulau Komodo juga menaruh keindahan Pink Beach yang menawan. Pink Beach jadi satu diantara pantai langka didunia karena pasir pantainya yang berwarna merah muda. Warna pasir pantai yang unik itu bersumber dari batuan koral yang hancur di lautan. Tetapi versus lain menyampaikan pasir merah muda ini datang dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

Tidak cukup saat seharian untuk menjelajahi Pulau Komodo, mengingat pulau ini menaruh bermacam kekayaan keindahan alam yang memukau. Keberagaman keindahan alam yang butuh dijaga serta dilestarikan, juga sebagai ungkapan rasa sukur atas karunia. Lantaran keberagaman alam serta budaya adalah satu diantara pesona Indonesia.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.